Iklan Kabar

KPK: DPR RI Lembaga Terkorup – WartaNews

KPK: DPR RI Lembaga Terkorup

WartaNews-Jakarta – Adnan Pandu Praja selaku Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menjadi lembaga terkorup kedua setelah kepolisian.

Jika diperbandingkan dengan negara Asia-Pasifik, hanya Indonesia yang parlemennya masuk kedalam lembaga terkorup. Adnan menjelaskan, sejak tahun 2009 sampai sekarang, parlemen konsisten berada di tiga besar lembaga yang paling korup.

“Inilah kelebihan parlemen kita, kreatif,” ujar Adnan dalam kuliah umum “Upaya Pemberantasan Korupsi dan Anatomi Korupsi pada Pelaksanaan Pemilu” di gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin, 16 September 2013.

Selain itu, saat ini koruptor yang tengah ditanggani KPK sebagian besar adalah anggota dewan. Terdapat lebih dari 65 anggota Dewan yang telah dibui karena tindak pidana tersebut. “Memang anggota parlemen jadi persoalan di negeri ini,” ujar Adnan.

Wakil Ketua KPK tersebut juga menyinggung kinerja anggota DPR yang terus menurun sejak awal reformasi sampai sekarang. Semula, dia melihat kinerja anggota DPR sangat bagus, banyak produk legislasi bermutu yang dihasilkan.

Akan tetapi, 15 tahun setelah reformasi, menurut Pandu, produk yang dihasilkan berbeda jauh kualitasnya. “Memang idealisme anggota Dewan paling bagus setelah terjadi gonjang-ganjing politik 98,” ujar Adnan.

Adnan menyarankan anggota Dewan memperhatikan kutipan Presiden kedua Filipina, Manuel L. Quezon, bahwa loyalitas kepada partai berakhir setelah loyalitas kepada negara dimulai.

“Harusnya mereka bisa menghayati kutipan ini baik-baik.”

“Image anggota Dewan yang begitu jelek di mata publik itu produk siapa? KPU, kan?” tanyanya “menyindir”.  tanya Adnan kepada 200 pegawai Sekretariat Jenderal KPU. (*/vik)

(Sumber: Tempo)

Source Article from http://www.wartanews.com/nasional/f6f1c7ba-8205-24c5-6f29-dd91490bd7dd/kpk-dpr-ri-lembaga-terkorup

banner 468x60