Agro Expo: Mekanisasi Pertanian di Kabupaten Karo

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang membuka kegiatan KARO AGRO EXPO 2023 di Hotel Sibayak Internasional Berastagi. (Foto: Diskominfo)

Karo, Infoparlemen.com – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang membuka kegiatan KARO AGRO EXPO 2023 “Mekanisasi Pertanian di Kabupaten Karo” di Hotel Sibayak Internasional Berastagi, Kamis (23/11/2023).

Bacaan Lainnya

“Mekanisasi pertanian dapat meningkatkan produktivitas pertanian melalui pengolahan lahan yang lebih baik serta meningkatkan ketepatan waktu dalam aktivitas pertanian. Dengan menggunakan alat dan mesin pertanian, sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu”, lanjut Bupati Karo.

Bupati Karo berharap dengan adanya pameran ini petani yang ada di Kabupaten Karo dapat lebih memahami mekanisasi pertanian dan terjadi transfer teknologi dengan petani, sehingga komoditi pertanian yang memiliki nilai jual ekspor dapat terangkat, dengan harapan ada transaksi jual beli antara petani dan pembeli sehingga dapat lebih lagi mengangkat pertanian karo dan memiliki nilai jual yang lebih baik.

“Salah satu fokus Kabupaten Karo di sektor pertanian saat ini adalah menuju mandiri benih dan upaya yang dilakukan adalah melalui pembinaan penangkar dan menumbuhkan penangkar baru berbagai komuditi pertanian serta diharapkan petani Karo dapat mandiri dalam benih. Saat ini Kab. Karo sudah memiliki penangkar kentang, bawang merah, wortel, jeruk, padi gogo dan padi sawah,” ungkap Bupati Karo.

Karo Agro Expo merupakan kegiatan pameran pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Karo yang bertemakan tentang Pertanian Karo.

Kabupaten Karo merupakan penghasil utama buah dan sayuran di Sumatera Utara, sehingga beberapa komoditas dari Kabupaten Karo juga merupakan komoditas ekspor penghasil devisa bagi negara.

Pada kesempatan ini Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan rasa bangga dan terimakasih serta apresiasi kepada Petani Peduli Karo dan Dewan Pembina Petani Peduli Karo karena kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Bupati Karo juga menyampaikan bahwa pertanian memiliki peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan rakyat dan berhasilnya sektor pertanian akan berdampak pada ketahanan pangan.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang melakukan kunjungan ke stand-stand pameran dan melihat cimpa matah tertinggi.

Pos terkait